Mau Hamster Kamu Bagus Genetika nya? Ikutin Tips-tips Ini!

Sabtu, 05 April 2014 0 komentar
Lo punya hamster, tapi gak bisa cara ngawinin nya? kalo gitu, pas banget nih lo buka artikel ini. soalnya gue bakalan bahas tentang TIPS MENGAWINKAN HAMSTER AGAR MENDAPAT GENETIKA YANG BAIK. penasaran gak sih? yuk bahas!

TIPS 1:
lo harus tau dulu kapan waktu dan usia produktif buat ngawinin hamster. hamster produktif buat berkembang biak itu biasanya di bulan april – September.  

Q: Terus kalo bulan-bulan lain selain april-september, masih bisa dikawinin gak? 
A: Tenang aja! hamster bisa kawin di bulan yang lain tapi bayi yang dilahirin atau dihasilin itu gak sebanyak di bulan atau masa-masa produktif. 

Q: Terus kapan hamster bisa mulai kawin?
A: nah, kalo itu sih beda-beda tergantung dari jenis hamsternya. 

Campbell dan hamster mini lainnya

     Buat jenis hamster Campbell jantan dan betina biasnya udah memasuki usia produktif pada umur dua bulan semenjak kelahirannya, pada saat itu badan sudah bisa mulai menyatukan betina dan jantan, memang tidak ada gejala-gejala fisik yang dapat memperlihatkan kematangan seksual hamster namun untuk lebih amannya anda bisa mengawinkannya pada usia 2 bulan. Untuk masa subur hamster Campbell adalah setiap 3 hari sekali







Robo
        Untuk hamster Robo jantan dan betina sudah memasuki usia kematangan seksual pasa usia 5 minggu namun untuk idealnya biasanya hamster robo baru bisa di kembang biakan pada usia 5 sampai 6 bulan, kemudian untuk masa subur yaitu setiap 4 hari sekali.
            Jadi biarkan hamster betina dan jantan bersatu sampai si betina benar-benar telah melahirkan dan jangan pisahkan mereka dan cinta mereka yang abadi.

 


TIPS 2:
    
Hindari Perkawinan sedarah pada Hamster (inbreeding)
            Sebagai informs aja, banyak berita yang tersiar bahwa untuk hamster semua yang dikembang biakan kebanyakan hasil dari perkawinan sedarah atau inbreeding yaitu anak dengan orang tuanya atau saudara satu indukan, ayah dengan anaknya, namun itu tidak semuanya, memang di bandingkan hamster di alam liar agak sulit untuk menghilangkan inbreeding untuk hamster budidaya.

Q: kenapa inbreeding dihindari? 
A: hal ini dikarenakan mampu memicu adanya kelainan genetika pada bayi yang dihasilkan contohnya : premature, cacat lahir, dan lemahnya kondisi hamster dan itu bisa di liat di umur hamster pada saat 8 bulan.


Namun ada juga berita bahwa perkawinan dengan inbreeding tidak menimbulkan masalah pada hamster contohnya hamster gue karena ketidak sengajaan akhirnya sang anak (jantan) kawin dengan induknya (betina), namun hingga umur 8 bulan hamster masih dalam keadaan baik, semuanya di kembalikan bagaimana cara lo merawat induk hamster pasa masa hamil dan setelah melahirkan. Dan kasihi serta rawat mereka dengan baik apapun adanya mereka karena mereka adalah salah satu makhluk tuhan yang punya hak untuk hidup.


TIPS 3:
Menyatukan Hamster.

   buat kandang khusus untuk mengawinkan, kemudian buat sekat ditengah-tengah biar hamster campbell gak berantem.

    Untuk hamster Robo anda bisa langsung memasukannya dalam satu kandang karena sifat Robo yang sedikit lebih jinak di bandingkan Campbell. Perlu diingat bahwa disarankan agar tubuh jantan lebih besar dari pada tubuh betina.



TIPS 4:
 Agar Hamster si jantan cepat membuahi betina.
     kalo hamster sering berantem, berikanlah 5 batang tauge setiap 3 hari sekali, dan bimsalabim si penjantan sudah bisa membuahi betina dan menaklukan si betina, selain itu tauge dapat membuat sel telur lebih subur. Setelah itu stop pemberian tauge, karena pemberian tauge yang terus menerus dapat menyebapkan diare.


TIPS 5:
Pilih tempat yang baik.
        pilih tempat yang gelap buat tempat mengawinkan hamster. soalnya hamster itu kalo mau kawin harus ditempat gelap. hehe

TIPS 6:
Pilih Varian warna yang bagus.
            kalo lo punya hamster campbell, kawinkan sama yang warnanya beda. soalnya keistimewaan campbell itu ada di warna, jadi lo bisa menghasilkan warna-warna hamster yang baru.

Nah mungkin itu kali ya tips-tips buat mengawinkan hamster biar keturunan genetik nya itu bagus. buat kamu yang baru belajar buat ngawinin hamster-hamster kamu, selamat belajar dan semoga ternak hamsternya sukses?;)
           


  


0 komentar:

Posting Komentar