Ingin Memelihara Guinea Pig? Pertimbangkan dulu hal-hal ini!

Selasa, 04 Maret 2014 0 komentar

Memelihara guinea pig adalah hal yang gampang-gampang susah. Butuh banyak kesabaran didalamnya dan dituntut adanya waktu luang untuk lebih mengenal guinea pig. Banyak orang yang terburu-buru membeli guinea pig pada akhirnya menyerah karena ketidaksabaran pet owner itu sendiri, alhasil banyak kasus dimana guinea pig akhirnya dijual kembali,ditelantarkan, atau malah dibuang. Sementara sebagian lagi bermasalah dengan kurang mengertinya si pemelihara tentang perawatan guinea pig, sehingga si pemelihara kaget ketika sudah terlanjur membeli guinea pig dan melihat pemeliharaan standar guinea pig. Sebelum membeli guinea pig, ada baiknya calon pet owner mempertimbangkan hal-hal dibawah ini untuk menghindari hal-hal tersebut:

- Sanggupkah menjalani 7 tahun perawatan guinea pig setiap harinya.
- Sanggupkah menjalani 7 tahun membersihkan kandang guinea pig.
- Sanggupkah menjalani 7 tahun membeli hay, sayur, pellet dan juga bedding untuk guinea pig Anda.
- Sanggupkah membiayai perawatan guinea pig Anda ketika sakit
- Sanggupkah Anda mengatur waktu untuk menemani guinea pig anda bermain
- Sanggupkah Anda mengatur bagaimana perawatan guinea pig Anda ketika Anda pulang kampung (buat yang kerja ato kuliah diluar kota)
- Sanggupkah Anda mengatur bagaimana membawa guinea pig Anda pindahan ketika suatu waktu Anda dihadapkan pada keadaan yang mengharuskan Anda pindah rumah/kontrakan/kost.
- Apa tujuan Anda membeli guinea pig, apakah untuk dibreeding ataukah hanya sebagai hewan peliharaan. Keputusan ini akan mempengaruhi hidup Anda bersama guinea pig Anda selama 7 tahun mendatang termasuk cara perawatan guinea pig. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa memelihara sepasang GP dapat berakhir pada overpopulasi. Biasanya overpopulasi menjadi trigger bagi seseorang untuk melepas GP2nya karena merasa bosan dan berada dibawah tekanan biaya, waktu dan tempat.
- Adakah peliharaan lain di rumah Anda yang kira-kira berbahaya bagi GP? Bila ada, apa antisipasi Anda agar GP Anda aman dari peliharaan Anda yang lain.
- Adakah anak kecil di sekeliling Anda?
- Bagaimana jika suatu saat kondisi Anda berubah, misalnya Anda lulus kuliah, bekerja, menikah, mempunyai anak, atau mungkin bangkrut? Apa yang akan Anda lakukan dengan GP2 Anda?
-  Dimanakah Anda tinggal? Apakah kostan, kontrakan, rumah sendiri, bagaimanakah situasinya? Apakah ada orang-orang yang tidak setuju/akan tidak setuju dengan kehadiran GP Anda? Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh bagi GP Anda.
- Bagaimanakah GP Anda nantinya ditempatkan? Di halamankah? Indoorkah? Seberapa luas area yang sanggup Anda sisihkan untuk membuat “rumah” bagi GP Anda?
-Yang paling penting : Sanggupkah Anda memberikan perawatan, kandang, makanan, dan kasih sayang yang dibutuhkan oleh guinea pig Anda. GP adalah hewan yang memiliki keterikatan emosional dengan pemiliknya. GP bisa menjadi hewan yang amat sangat manja.  Butuh persiapan banyak sebelum memelihara GP. Tidak hanya biaya tetapi juga waktu untuk menemani GP bermain.(sebagian dikutip dari cavyspirit.com)


Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin terlihat berlebihan bagi sebagian orang, banyak yang malah berpikir “Masalah-masalah kaya gitu nanti2 aja deh mikirnya…masih jauh…” Tapi besar kemungkinan GP2 Anda akan terus bersama Anda selama 7-8 tahun, dan hal-hal diatas adalah hal-hal yang amat sangat mungkin terjadi dalam kurun waktu 7-8 tahun. Jadi, sekaranglah saat yang tepat untuk berpikir jernih dan memutuskannya dengan tepat


Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar