Yuk Mengenal Gerbil!

Selasa, 04 Maret 2014 0 komentar

Fat-tailed Gerbil, atau dalam bahasa Inggris lainnya mereka biasa disebut dengan nama : Duprasi Gerbil, Fat-tailed Jird, Fat-tailed Rat, Beer Mat Gerbil. Dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan tikus gurun. Makhluk lucu ini dapat ditemukan di bagian utara gurun Sahara (North-western Egypt, Libya, Tunisia dan Algeria). Habitat mereka di daerah gurun pasir dan biasa bersembunyi di dalam lubang dengan kedalaman sekitar 1 meter. Dan terkadang mereka juga bisa menempati lubang milik penghuni lain.

Fat-tailed gerbil merupakan jenis gerbil yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Panjang badan mereka sekitar 10 cm dengan buntut sekitar 5 cm. Jenis gerbil ini mempunyai bulu yg lebat, halus dan lembut. Bulu mereka berwarna kekuningan pada bagian belakangnya dengan sedikit abu-abu dan hitam dibagian dalamnya. Sedangkan pada bagian perutnya putih. Seperti hamster Roborovski. Tidak mempunyai leher yang jelas dan wajah yang lancip dengan mata hitam. Kaki gerbil ini juga pendek, tidak seperti Mongolian Gerbil. Mereka tampak mirip seperti hamster, tapi tidak sebulat hamster. Dengan ekornya yang panjang seperti club (pentungan kayu / tongkat pemukul). Fat-tailed gerbil menyimpan bahan makanan cadangan dan air pada buntutnya, sama halnya seperti punuknya Onta dan ekornya Geko. Namun gerbil yang sehat dapat dilihat dari ekor yang gemuk dan montok. Hanya dengan melihat ekornya saja, fat-tailed gerbil mudah dibedakan dengan aneka jenis gerbil lainnya


Warna bulu gerbil biasanya berwarna krem dan kekuning-kuningan. Namun ada variasi warna lain dari gerbil, yaitu keabu-abuan. Dan jenis ini cukup jarang. Ada yang berpendapat bahwa warna gerbil yang keabu-abuan ini merupakan colour mutation. Tapi tidak semua orang yakin bahwa itu adalah colour mutation. Besar kemungkinan fat-tailed gerbil abu-abu merupakan spesis gerbil yang berasal dari Mesir. Lapisan luar bulu gerbil ini sangat abu-abu dan memudar saat makin tua. Beberapa campuran dari Egyptian gerbil dan Algerian gerbil mempunyai warna bulu abu-abu juga, walaupun disaat tua makin memutih, tapi tetap lebih keabu-abuan. Dan sejauh ini baru ada 2 jenis variasi warna fat-tailed gerbil.


Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar