Cobain Peliharaan Terbaru Anti-Mainstream: Tarantula

Rabu, 07 Mei 2014 0 komentar
Apa kerennya coba pelihara laba-laba aja? Udah gitu gampang mati lagi, warnanya gitu-gitu aja, bikin mati! Kalo kamu berpikiran begitu, berarti kamu sok tau :p Sebelum berandai-andai ngawur tentang tarantula, scroll ke bawah dulu nih artikel.

Loh, kok ada "love" di pantatnya?

Kagak tau kan kalo ada tarantula yang kaya gitu? B)
Siap-siap ya, selama beberapa ratus kata ke depan bakal ane sikat habis tuh mitos-mitos tarantula!
Dan siap-siapin dompetnya juga kalo malah pengen beli :p

  • Tarantula TIDAK SAMA DENGAN Laba-Laba
Yang ini nih sering banget ane denger dari temen-temen. Walaupun sama-sama berkaki delapan dan bisa menjaring, tarantula bukanlah laba-laba. Secara klasifikasi, Laba-Laba masuk ke golongan Araneomorphae sedangkan tarantula masuk ke Mygalomorphae. Bedanya? Taringnya.

Assalamualaikum...
Foto di atas adalah gambar taring tarantula. Kelihatan kan kalo bentuk taringnya itu mengarah ke bawah/vertikal, jadi kalo gigit dia dalam posisi "menusuk". Beda sama laba-laba.

Saya siap menemani dalam mimpimu...
Nah kalo laba-laba, posisi taringnya horizontal. Jadi kalo dia gigit dalam posisi "mencubit". Selain itu, rata-rata tarantula berbadan lebih besar dan lebih berisi dibanding laba-laba. Bagian spinneret (pembuat jaring) juga lebih pendek dari laba-laba pada umumnya.

  • Tarantula Nggak Rewel dan Kuat  
 
Kaki tumbuh setelah ganti kulit (molting)


Kalo diinjek ya jelas langsung mati. Tapi dari segi kesehatan? Tarantula hampir tidak ada penyakitnya. Mentok-mentok di masalah dehidrasi, nematoda, dan DKS yang sangat jarang. Tarantulapun kuat nggak makan hingga 1 tahun (jenis tertentu) dan bisa menumbuhkan lagi anggota tubuhnya yang putus atau rusak. Mereka bisa bertahan hidup di rentang suhu yang lumayan jauh.

  • Tarantula itu Cantik
 Kebanyakan orang berpikiran kalo tarantula itu mahkluk seram yang sama sekali tidak cantik. Ini salah besar. Faktanya, banyak jenis tarantula yang mempunyai warna dan corak menarik seperti yang ada di awal artikel ini. Contoh lainnya di bawah ini.

Silauuuu!!
   Masih banyak banget tarantula lainnya yang nggak kalah beautiful. Masih ada sekitar 800 jenis lain yang belum kamu lihat :p

  • Racun Tarantula TIDAK Mematikan (Bagi Manusia) 
Ini yang banyak orang nggak tau. Kerapnya tarantula dipakai di film-film horror dan cerita-cerita horror ngawur tentang tarantula bikin imejnya jadi kaya mahkluk pencabut nyawa. Semua tarantula memang berbisa. Baca baik-baik, tidak ada satupun yang mengancam nyawa manusia.

Buka mulutnya adeeeek, say aaaaaaa...
Contoh kasus efek gigitan tarantula low venom Brachypelma albiceps ukuran dewasa (14cm) dialami temen ane sendiri. Dia kena gigit 3 kali berturut-turut di daerah jempol karena si tarantula sebel dipaksa masuk kotak packing pengiriman. Efeknya bengkak dan nyeri serta panas di daerah gigitan selama 2-3 jam saja.

Sedangkan untuk yang high venom  bisa menyebabkan mual, pusing, muntah-muntah, demam, serta nyeri dan kram otot selama beberapa jam hingga hari.

Tertarik dengan tarantula? Penasaran seputar tarantula?
Simak terus updatenya di RumaHamsteRikky!

0 komentar:

Posting Komentar