Cyriocosmus: Marga Tarantula Cebol dan Imut dari Amerika

Jumat, 09 Mei 2014 0 komentar
Setelah artikel tentang tarantula yang gede-gede, sekarang ane bakal share nih salah satu genus atau marga favorit tarantula ane, Cyriocosmus!

C. elegans kesayangan ane nih ;;)
Tarantula bercorak unik ini berasal dari Benua Amerika dan sekitarnya. Marga Cyriocosmus bisa dibilang unik karena warnanya perpaduan orange sampai orange keemasan, putih, dan hitam. Selain itu, ukurannya tidak besar, dengan spesies terbesar yang hanya 5cm (Cyriocosmus perezmilesi). Karena ukurannya yang kecil dibanding tarantula lain, marga Cyriocosmus dikenal sebagai tarantula fossorial cebol/kurcaci atau dwarf.

Marga Cyriocosmus ini terdiri dari 14 spesies/jenis. Walaupun begitu, tidak lebih dari separuhnya saja yang masuk ke kalangan hobbyist tarantula. Kalau begitu, yuk kita langsung pantengin foto-fotonya! :D
  •     Cyriocosmus elegans/Trinidad Dwarf Tiger

Love - Love - Love
Yang menonjol dari species ini adalah corak hati di abdomennya, bentuk "V" di karapasnya, dan garis putih sepanjang 3/4 kakinya. Species favorit ane nih, sampe punya 2 di kamar hahaha :))

  •    Cyriocosmus sellatus/Peruvian Dwarf Star
I sellatus You (baca: I love You)
Si sellatus ini juga punya bentuk 'love' di abdomennya. Yang membedakan jenis ini dengan elegans adalah tidak karapasnya berwarna orens full dan di kakinya tidak ada garis putih.

  •    Cyriocosmus chicoi
Jaring-jaring bambu! Baling maksutnya...
Masih jarang di pasaran nih. Karena itu belum ada nama panggilannya, padahal cukup keren nih menurut ane.

  •    Cyriocosmus leetzi
Tarantula bermagma??
Leetzi masuk jajaran top wishlist ane nih. Keliatan banget kan perbedaanya dari Cyriocosmus lain, coraknya ruaaarr biasaaaa!

  •    Cyriocosmus ritae/Peruvian Black and White
It don't matter if you're black or white, awww!
Corak hitam putihnya di kaki sih unik menurut ane. Corak warna di karapasnya cukup oke juga :D

Itu tadi sekilas anggota dari marga Cyriocosmus, sebenernya masih ada lagi tapi ntar kalo kebanyakan takut digigit sama om Rikky :))
See you di artikel selanjutnya, cuma di RumaHamsteRikky!

0 komentar:

Posting Komentar